Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
Universitas Sam Ratulangi
Manado, Indonesia
Selamat Datang
Di Cyber Garden Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) yang menyajikan anyaman informasi tentang sejarah, kegiatan kini, dan visi FMIPA UNSRAT. Mengantisipasi tantangan, FMIPA UNSRAT membangun tradisi dan pikiran-pikiran kritis, kreatif, dan konstruktif dalam mengembangkan ilmu-ilmu Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, Farmasi, dan Sistem Informasi agar terwujud peran ilmu sebagai Scienta Vita (Ilmu Untuk Kehidupan) dan peran sebagai Tumou Tou. Sebagai bagian dari UNSRAT, FMIPA bertekad untuk menjadi pilar utama mewujudkan UNSRAT yang unggul dan berbudaya. Semoga cyber garden ini berguna dalam memberikan perspektif yang baik tentang FMIPA UNSRAT.

(Prof. Dr. Benny Pinontoan, M.Sc., Dekan)
.
.
.
Selamat Datang di Cyber Garden FMIPA UNSRAT
.
Pembukaan Seminar Nasional dan Rapat Tahunan MIPAnet 2017
.
Sidang Terbuka Senat FMIPA pada Dies Natalis FMIPA UNSRAT 2018
.
International Conference on Operations Research 2018
.
Talent Show di Desa Agotey, Minahasa
.
Aksi Damai Menolak Radikalisme
.
Praktikum
.
Perayaan Paskah UNSRAT 2018 di Bukit Tetempangan
.
Tarian Katrili pada Pembukaan SEMIRATA MIPAnet 2017
.
Dekan FMIPA bersama Menteri RISTEKDIKTI Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D
.
International Conference on Operations Research, 2019
.
Asian Science Deans Summit
.
Semirata MIPAnet 2017
.
Pemilihan Nyong dan Noni UNSRAT
.
Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis
.
International Marine Conservation Congress, Malaysia
.
Australian Awards, Griffith University, Brisbane, Australia
.
International Conference, Bali
.
Kunjungan Mahasiswa Jerman
.
Outbond
.
Pembuatan Ethanol dari Cap Tikus
.
Pembuatan Ethanol dari Cap Tikus

.

  Berita

Fakultas MIPA Universitas Sam Ratulangi Menyelanggarakan Seminar Nasional Sains dan Terapan VI (Semnas-Sinta) 2022
Fri - March 25, 2022 12:21 pm  |  Article Hits:115  |  A+ | a-
Fakultas MIPA Unsrat kembali melaksanakan event berskala nasional yang bertajuk Seminar Nasional Sains dan Terapan VI  (Semnas-Sinta) 2022. Tema seminar yang diusung adalah Optimasi Penataan dan Entrepreneur Lingkungan Pasca Pandemi. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 25 Maret 2022 secara hybrid yaitu secara luring dan daring dengan menghadirkan narasumber yang ahli di bidangnya masing-masing dan berasal dari berbagai Universitas di Indonesia. Adapun narasumber yang membagikan keahliannya diantaranya: Prof. Dr. I Nengah Suparta, Prof. Dedy SuhendraPh.D.,  Dra. Ni Luh Watiniasih, Ph.D ., Dra. Lusiawati Dewi, M.Sc. dan Dr. Dirk Y.P. Runtuboi, M.Kes.

Kegiatan ini dibuka oleh Prof. Dr. Benny Pinontoan, M.Sc. mewakili Rektor Universitas Sam Ratulangi yang berhalangan hadir. Prof. Pinontoan juga merupakan Dekan Fakultas MIPA ini dalam sambutannya sangat mengharapkan kegiatan ini akan meningkatankan wawasan dan pengetahuan para peserta khususnya bagaimana melakukan optimasi penataan dan enterepeuner lingkungan di masa pasca pandemi  Covid 19 yang telah berubah menjadi endemi. Kegiatan ini dimulai dengan acara doa yang dipimpin oleh Pdt. Jimmy Matheos, dan juga diisi dengan penampilan tarian dari mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni dan Budaya.

Pembicara pertama adalah Prof. Dr. I Nengah Suparta menyampaikan materi yang diberi judul Graceful Labeling and Its Variants. Prof. Suparta merupakan doktor lulusan dari Delft University of Technology, Belanda  pada tahun 2006. Saat ini menjabat sebagai Dekan FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA) Bali.

Pembicara kedua adalah Dra. Ni Luh Watiniasih, Ph.D. yang menyampaikan materi dengan topik “Pencemaran Plastik Di Danau”. Dalam pemaparannya menyampaikan tentang berbagai bentuk, ukuran dan jenis mikroplastik di Danau Beratan dan temuannya tentang adanya dalam jumlah banyak pada ikan dibandingkan yang ada pada udang. Watiniasih merupakan doktor dari The School of Biological Sciences, Monash University, Melbourne, Victoria, Australia dan saat ini menjabat sebagai Dekan FMIPA Universitas Udayana, Denpasar, Bali.

Pembicara ketiga, Prof. Dedy Suhendra, Ph.D. adalah Dekan FMIPA Universitas Mataram yang menyampaikan meteri tentang Oleochemicals Based Local Vegetable Oils. Prof Suhendra memperoleh gelar Ph.D dari Faculty of Science Universiti Putra Malaysia tahun 2004.

Pembicara keempat Dra. Lusiawati Dewi, M.Sc. menyampaikan materi tentang Hilirisasi Bidang Mikrobiologi Pangan Bioentrepreneur Tempe Ikan. Dekan Fakultas Biologi, Univ. Kristen Satya Wacana, Salatiga ini merupakan lulusan dari University of Amsterdam dan penelitiannya banyak berkaitan dengan mikroba pada tempe.

Pembicara kelima, Dr. Dirk Y.P. Runtuboi, M.Kes. menyampaikan materi tentang Filogenetik Plasmodium falciparum. Dr. Runtuboi merupakan Dekan FMIPA Universitas Cendrawasih dan pendidikan Doktoral di selesaikan tahun 2010, dengan Disertasi berjudul: “Isolasi dan identifikasi Bakteri endosimbionselulolitik fiksasi Nitrogen dari Tambelo : Bactronophorus thoracites (Bivalvia: teredinidae) dan Uji aktivitas enzimnya”.

Sebelum penyampaian materi-materi dari paara narasumber pada saat itu dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara  Fakultas MIPA Universitas Sam Ratulangi oleh Prof. Benny Pinontoan, M.Sc. dengan :
- Fakultas MIPA Universitas Cenderawasih oleh Dr. Dirk Y.P. Runtuboi, M.Kes.
- Fakultas Biologi Universitas Kristen Satya Wacana, oleh Dra. Lusiawati Dewi, M.Sc.
- Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo oleh Prof. Dr. Astin Lukum, M.Sc., Ph.D. 
 
Top
.
Untitled 1

Links

                              

Alamat: Kampus Unsrat, Kleak, Manado, Indonesia  95115
Telp: +628114314386,   e-mail: fmipa@unsrat.ac.id