Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
Universitas Sam Ratulangi
Manado, Indonesia
Selamat Datang
Di Cyber Garden Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) yang menyajikan anyaman informasi tentang sejarah, kegiatan kini, dan visi FMIPA UNSRAT. Mengantisipasi tantangan, FMIPA UNSRAT membangun tradisi dan pikiran-pikiran kritis, kreatif, dan konstruktif dalam mengembangkan ilmu-ilmu Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, Farmasi, dan Sistem Informasi agar terwujud peran ilmu sebagai Scienta Vita (Ilmu Untuk Kehidupan) dan peran sebagai Tumou Tou. Sebagai bagian dari UNSRAT, FMIPA bertekad untuk menjadi pilar utama mewujudkan UNSRAT yang unggul dan berbudaya. Semoga cyber garden ini berguna dalam memberikan perspektif yang baik tentang FMIPA UNSRAT.

(Prof. Dr. Benny Pinontoan, M.Sc., Dekan)
.
.
.
Selamat Datang di Cyber Garden FMIPA UNSRAT
.
Pembukaan Seminar Nasional dan Rapat Tahunan MIPAnet 2017
.
Sidang Terbuka Senat FMIPA pada Dies Natalis FMIPA UNSRAT 2018
.
International Conference on Operations Research 2018
.
Talent Show di Desa Agotey, Minahasa
.
Aksi Damai Menolak Radikalisme
.
Praktikum
.
Perayaan Paskah UNSRAT 2018 di Bukit Tetempangan
.
Tarian Katrili pada Pembukaan SEMIRATA MIPAnet 2017
.
Dekan FMIPA bersama Menteri RISTEKDIKTI Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D
.
International Conference on Operations Research, 2019
.
Asian Science Deans Summit
.
Semirata MIPAnet 2017
.
Pemilihan Nyong dan Noni UNSRAT
.
Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis
.
International Marine Conservation Congress, Malaysia
.
Australian Awards, Griffith University, Brisbane, Australia
.
International Conference, Bali
.
Kunjungan Mahasiswa Jerman
.
Outbond
.
Pembuatan Ethanol dari Cap Tikus
.
Pembuatan Ethanol dari Cap Tikus

.

  Berita

Program Kemitraan Masyarakat Majelis Ta’lim Irsyaadul Ibaad dan PKK Kelurahan Bailang Lingkungan 5 Kota Manado dengan Pelatihan Produksi Minuman Serbuk Instan Jahe (Zingiber officinale), kunyit (Curcuma longa), dan temulawak (Curcuma xanthorrhiza)
Sun - September 19, 2021 1:38 am  |  Article Hits:35  |  A+ | a-

  Covid-19 disebabkan oleh Corona Virus yang tetiba menyerang di akhir tahun 2019. Di Indonesia, menurut laporan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia data per 12 Oktober 2021 sebanyak 4.229.813 jiwa terkonfirmasi Covid-19 dan 142.763 jiwa yang telah meninggal dunia.WHO atau Badan Kesehatan dunia menyatakan telah terjadi mutasi genetik dari Covid-19 menjadi Varian B.1.1.7 disebut Alpha, Varian B.1.351 disebut Beta, Varian P.1 disebut Gamma, Varian B.1.617.2 disebut Delta, Varian B.1.427 disebut Epsilon, Varian P.2 disebut Zeta, Varian B.1.525 disebut Eta, Varian P.3 disebut Theta, Varian B.1.526 disebut Lota, dan Varian B.1.617.1 disebut Kappa. Virus Covid-19 termasuk jenis virus RNA (ribonucleic acid), sehingga mudah mengalami mutasi. Berdasarkan hasil pemeriksaan whole genome sequencing (WGS), virus corona varian Delta ditemukan di Sulawesi Utara. Balitbangkes menyatakan Hasil terhadap delapan spesimen adalah positif SARS-CoV-2 Varians of Concern Delta (B.1.617.2). Pemerintah merespon dengan melaksanakan PSBB dimana memiliki multiple effect. Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Utara mencatat sebanyak 287.640 orang di Sulawesi Utara terdampak akibat pandemi Covid-19 atau sekitar 14,80% dari jumlah total penduduk. Sementara itu, jumlah korban pengangguran akibat covid-19 terdampak sebanyak 24.920 orang.

   Himbauan dari pemerintah agar kembali kea lam, menggunakan herbal asli Indonesia untuk meningkatkan imunitas tubuh menjadi penting, mengingat virus Covid-19 yang menyerang memiliki respon berbeda-beda yang memunculkan orang tanpa gejala sampai orang yang rentan dan gejala berat sangat tergantung oleh Imunitas tubuh. Serangkaian hal tersebut mendorong Tim PKM Prodi Farmasi FMIPA Unsrat, apt. Surya Sumantri Abdullah, M.Si. dan apt. Meilani Jayanti, M.Farm. melaksanakan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat ke Kelompok Produktif, Majelis Ta’lim Irsyaadul Ibaad dan PKK Kelurahan Bailang Lingkungan 5 Kota Manado.

  Kegiatan yang dilaksanakan  adalah Pelatihan Produksi Minuman Serbuk Jahe (Zingiber officinale), kunyit (Curcuma longa), dan temulawak (Curcuma xanthorrhiza) tanpa ampas yang diharapkan sebagai upaya Peningkatan Produktivitas Ekonomi dan Imunitas di Masa Pandemi Covid 19.Rangkaian Kegiatan yang dilaksanakan berupa penyuluhan tentang Covid-19, penyuluhan interaksi obat dan bahan herbal, pembagian masker, dan pembagian rimpang jahe, kunyit, dan temulawak kepada mitra. Diakhiri dengan Pelatihan Produksi Minuman Serbuk Jahe (Zingiber officinale), kunyit (Curcuma longa), dan temulawak (Curcuma xanthorrhiza) tanpa ampas. Antusiasme kedua Mitra sangat tinggi dan sangat positif untuk mengatasi masalah kesehatan di masa pandemi yang belum berakhir dan mengatasi problem pengangguran yang diakibatkan oleh wabah pandemi Covid-19.
Top
.
Untitled 1

Links

                              

Alamat: Kampus Unsrat, Kleak, Manado, Indonesia  95115
Telp: +628114314386,   e-mail: fmipa@unsrat.ac.id