Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
Universitas Sam Ratulangi
Manado, Indonesia
Selamat Datang
Di Cyber Garden Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) yang menyajikan anyaman informasi tentang sejarah, kegiatan kini, dan visi FMIPA UNSRAT. Mengantisipasi tantangan, FMIPA UNSRAT membangun tradisi dan pikiran-pikiran kritis, kreatif, dan konstruktif dalam mengembangkan ilmu-ilmu Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, Farmasi, dan Sistem Informasi agar terwujud peran ilmu sebagai Scienta Vita (Ilmu Untuk Kehidupan) dan peran sebagai Tumou Tou. Sebagai bagian dari UNSRAT, FMIPA bertekad untuk menjadi pilar utama mewujudkan UNSRAT yang unggul dan berbudaya. Semoga cyber garden ini berguna dalam memberikan perspektif yang baik tentang FMIPA UNSRAT.

(Prof. Dr. Benny Pinontoan, M.Sc., Dekan)
.
.
.
Selamat Datang di Cyber Garden FMIPA UNSRAT
.
Pembukaan Seminar Nasional dan Rapat Tahunan MIPAnet 2017
.
Sidang Terbuka Senat FMIPA pada Dies Natalis FMIPA UNSRAT 2018
.
International Conference on Operations Research 2018
.
Talent Show di Desa Agotey, Minahasa
.
Aksi Damai Menolak Radikalisme
.
Praktikum
.
Perayaan Paskah UNSRAT 2018 di Bukit Tetempangan
.
Tarian Katrili pada Pembukaan SEMIRATA MIPAnet 2017
.
Dekan FMIPA bersama Menteri RISTEKDIKTI Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D
.
International Conference on Operations Research, 2019
.
Asian Science Deans Summit
.
Semirata MIPAnet 2017
.
Pemilihan Nyong dan Noni UNSRAT
.
Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis
.
International Marine Conservation Congress, Malaysia
.
Australian Awards, Griffith University, Brisbane, Australia
.
International Conference, Bali
.
Kunjungan Mahasiswa Jerman
.
Outbond
.
Pembuatan Ethanol dari Cap Tikus
.
Pembuatan Ethanol dari Cap Tikus

.

  Berita

Tim PKM FMIPA dan Green Campus UNSRAT Ubah Limbah Organik Tanaman di Lingkungan Kampus Jadi POC dan Biogas
Tue - September 7, 2021 12:37 pm  |  Article Hits:108  |  A+ | a-

Pembangunan di Kota Manado yang berkembang pesat dengan hanya mengandalkan satu tempat pembuangan akhir, yaitu Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumompo, maka tantangan pengelolaan sampah menjadi sangat berat dan rumit. Untuk mengurangi sampah di Kota Manado, upaya daur ulang harus ditingkatkan dan tempat daur ulang organik harus disediakan. Institusi besar seperti universitas dapat memainkan peran penting dalam memajukan sistem pengelolaan sampah skala besar yang lebih efektif. Selain itu, mahasiswa, dosen, dan staf harus dididik dengan baik tentang praktik pengelolaan sampah.

Universitas Sam Ratulangi yang terletak di Pusat Kota Manado berinisiatif untuk menciptakan sistem pengelolaan sampah organik, yang secara tepat menangani semua jenis sampah, terutama sejumlah besar sampah organik seperti dedaunan yang diproduksi dalam jumlah yang banyak di lingkungan kampus UNSRAT, lebih khusus di Fakultas MIPA UNSRAT. Sistem pengelolaan sampah ini berupa reaktor biogas skala rumah tangga yang merujuk pada sistem pengelolaan sampah organik di Rumah Potong Hewan (RPH) Bailang, Kota Manado. Reaktor biogas ini juga dibangun pada lokasi kebun organik Kelompok Wanita di Kecamatan Tikala.

Jenis reaktor yang digunakan yaitu Fixed Dome Biodigester, di mana desainnya menggabungkan wadah slurry dan wadah biogas dalam satu toren.  Setelah bahan rumen, cacahan daun dan air masuk ke dalam bio-degister, bahan didegradasi secara biokimia dalam kondisi kondisi bebas oksigen yang sangat terkontrol sehingga menghasilkan biogas yang dapat digunakan untuk menghasilkan biogas. Karena proses ini bersifat anaerobic, hanya melepaskan karbon ke fase gas, nutrisi lain (nitrogen, fosfor, dan mikronutrien) tetap berada di limbah, yang menjadikannya pupuk organik cair berkualitas tinggi.

Hasil PKM ini menunjukkan bahwa pembuatan reaktor biogas lebih hemat biaya, ramah lingkungan, dan menghadirkan produk limbah yang berkelanjutan seperti biogas dan pupuk organik cair.

Melalui reaktor biogas skala kecil, UNSRAT telah menerapkan pengelolaan sampah organik yang sangat bermanfaat, sehingga saat ini sedang dilakukan pembangunan reaktor biogas skala besar, yang dapat menampung semua sampah organik di lingkungan kampus.

Ke depannya, melalui penerapan metode pengelolaan sampah organik, kampus UNSRAT dapat menjadi tempat praktik terbaik untuk pengelolaan sampah organik berkelanjutan, dan dapat mempromosikan UNSRAT sebagai kampus hijau.

Top
.
Untitled 1

Links

                              

Alamat: Kampus Unsrat, Kleak, Manado, Indonesia  95115
Telp: +628114314386,   e-mail: fmipa@unsrat.ac.id